Cara Matematis agar Berhenti Merokok


DEPRESI JURNALIS - Merokok mungkin sudah menjadi hal yang biasa dikalangan masyarakat luas khususnya di Indonesia sendiri merokok bukan lagi menjadi hal yang aneh namun merokok sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging bagi masyarakat Indonesia. Namun sadarkah kita bahwa merokok tak ayal menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan karena zat-zat yang terkandung dalam rokok merupakan zat-zat kimia yang berbahaya. Tidak pernah terelakkan lagi seakan sudah mendarah daging bahaya merokok pun sudah tidak
dihiraukan. Merokok membuat penggunannya merasa candu karena zat nikotin yang terkandung dalam rokok bisa menimbulkan kecanduan yang berlebihan bahkan sampai ada istilah bahwa ”Lebih baik tidak makan daripada tidak merokok” mungkin itulah istilah yang tepat bagi para pecandu rokok yang tidak menyayangi kesehatan dirinya. Mungkin tak ada perbedaan orang yang merokok dengan yang tidak merokok, namun tahukah Anda? Bahwa dengan merokok dalam jangka panjang bisa menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya bahkan diantaranya bisa menyebabkan penyakit yang kronis.
    Berbagai laranganpun mulai digalakkan mulai dari larangan merokok dikendaraan umum, himbauan yang terdapat dalam bungkus rokok, serta gambar penyakit krosnis yang mungkin timbul bagi perokok yang merokok dalam jangka panjang, namun seperti biasa seakan sudah biasa laranganpun tak ayal dihiraukan dan masyarakat Indonesia tetap mengkonsumsi rokok seakan makanan yang enak dan murah. Kurangnya penyuluhan serta peran masyarakat mengenai dampak merokok tersebut menjadikan pengguna rokok yang menggila bahkan anehnya lagi anak-anak SD sekarang sudah berani merokok bahkan tidak malu-malu lagi mereka merokok di depan teman-temannya yang mereka anggap itu adalah sebuah tindakkan yang keren.
    Mengapa pabrik rokok tidak ditutup? Banyak diantara kita yang mengungkapkan hal tersebut mulai dari demonstrasi bahkan pengajuan mengenai masalah yang timbul dari akibat rokok. Mengapa demikian? Tidak semudah itu menutup pabrik rokok bahkan sekala kecil sekalipun, karena dalam dunia pendidikan PT (Perseroan Terbatas) Pabrik produksi rokok tidak ditutup karena berbagai alasan karena sebagian besar setidaknya banyak perusahaan rokok yang ambil alih dan menyumbang besar dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dan bantuan kemanusiaan lain, itulah mengapa alasan pemerintah tidak menutup pabrik rokok tersebut serta sebagian pengguna rokok yang tidak setuju akan hal ini karena beberapa anggota pemerintahpun mayoritas adalah perokok. Namun setidaknya pemerintah tidak tinggal diam ada peran pemerintah dalam menetapkan kebijakkan tentang rokok, yaitu dengan memasang baliho bahaya merokok, serta memasang dampak jangka panjang negatif dari bahaya merokok pada bungkus rokok dan baru-baru ini pemerintah menetapkan memasang kondisi organ tubuh perokok yang memiliki penyakit kronis dengan dalih agar pengguna rokok bisa berkurang.
    Disisi lain banyak pengguna rokok yang ingin berhenti, namun banyak juga dari meraka yang berusaha berhenti namun tidak bisa melakukan hal tersebut dengan berbagai macam alasan versi mereka masing-masing.
    Tahukah Anda? bahwa banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan dengan Anda berhenti merokok, mungkin seperti saya sendiri berhenti merokok bukanlah hal yang mudah karena beberapa  alasan yang membuat kita untuk mencobanya kembali. Namun tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini jika kita mau berusaha hal sesulit apapun pasti bisa terselesaikan. Mungkin beberapa tips dari saya berdasarkan pengalaman saya sendiri.

 CARA BERHENTI MEROKOK:

  1. Bulatkan tekad bahwa anda bukan perokok lagi, mungkin dalam kasus ini bukanlah hal yang mudah tapi tetap yakinkan diri anda bahwa anda sebenarnya bisa dan pasti bisa menghentikan kebiasaan buruk anda.

  2. Mulai bencilah rokok dari sekarang disaat anda mulai membulatkan tekad untuk berhenti merokok, karena awal dari benci bisa membuat anda terbiasa untuk menghindari rokok sebagai hal yang biasa anda lakukan di masa lalu.

  3. Jauhi pengguna rokok dan hal-hal yang berhubungan dengan rokok. Mulai hari ini anda sadar bahwa anda bukan pengguna rokok lagi.

  4. Cobalah pikirkan kerugian yang mungkin anda dapatkan baik kerugian materil maupun non materil. Dengan merokok berarti anda membuang uang anda dengan percuma cobalah hitung dari awal anda merokok kita misalkan seandainya anda merokok dalam sahari satu bungkus dengan harga rokok rata-rata Rp.18.000.
    (-)Dalam satu bulan :
    18.000x30 = Rp.540.000
    (-)Dalam satu tahun :
    540x12 = Rp.6.480.000
    (-)Dalam sepuluh tahun :
    6.480.000x10 = Rp.64.800.000 (Enam puluh juta delapan ratus ribu rupiah)
        Coba bayangkan hal apa saja yang bisa anda lakukan dengan uang tersebut, banyak hal yang bermanfaat yang bisa kita lakukan dengan tidak merokok selama waktu sepuluh tahun tersebut. Namun coba bandingkan dengan pecandu rokok yang merokok selama sepuluh tahun selain kerugian materil kerugian non materil pun berupa penyakit yang sering dijumpai diantaranya seperti sesak nafas bisa saja diderita bahkan selain membuang uang sebanyak itu dalam waktu 10 (sepuluh) tahun, juga biaya berobat yang akan dikeluarkan mungkin bisa 2(dua) kali lipat. Dengan mengasumsikan kondisi tersebut diharapkan pengguna rokok yang mencoba untuk berhenti dapat membulatkan tekadnya untuk berhenti merokok.

  5. Dengan berhenti merokok tanpa kita sadari kita menjaga diri kita dan keluarga kita dari bahayanya asap rokok.

  6. Dengan berhentinya kita merokok diharapkan kita dapat menjadi inspirasi bagi para pecandu rokok lainnya.


    Artikel ini tidak dimaksudkan untuk menyinggung ataupun menyindir pengguna rokok, namun artikel ini dibuat untuk mereka yang benar-benar ingin berhenti merokok. Segala bentuk kesalahan dalam artikel ini semata-mata bukan faktor ketidaksengajaan namun penulis menyadari bahwa masih kurangnya pengetahuan penulis tentang bahaya merokok namun dengan adanya artikel ini diharapkan banyak orang (perokok) seperti penulis sendiri sadar akan bahayanya merokok dalam jangka panjang. Berhenti atau tidaknya seseorang yang membaca tulisan ini, itu adalah hak masing-masing orang dan tidak ada bentuk paksaan dalam artikel yang penulis buat. Semoga artikel ini dapat membantu, segala kritikan dan saran mungkin penulis butuhkan untuk membenahi kekurangan-kekurangan yang penulis buat dalam artikel ini.

    Life Heathly be Happy :)

Sumber : Berdasarkan pengalaman dan berbagai referensi pengetahuan penulis.

1 Response to "Cara Matematis agar Berhenti Merokok"

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dan sesuai dengan pokok pembahasan. Thanks by Admin Ganteng 😎

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel