Penyebab Blog Mendapat Peringatan Terjangkit Malware dan Cara Mengatasinya

Depresi Jurnalis - Wow!!! kaget, panik, bingung mungkin itulah yang admin rasakan saat membuka blog admin ternyata dipenuhi dengan latar berwarna merah bertuliskan "Situs yang akan dibuka berisi software perusak".  Oh no tiba-tiba admin lemas tak berdaya saat mengetahui hal tersebut. Kenapa ini? Apa kesalahan gue, ya tuhan benar-benar mendadak lebay ga karuan saat itu. Haha. Entah apa yang mendasari hal tersebut, tanpa admin ketahui, tanpa admin menyadari blog admin terdiagnosa hal seperti itu, sempat panik apakah ini akhir dari perjalanan blogging admin ya meskipun artikel masih sedikit tetapi semua itu menyerang disaat admin sedang semangat-semangatnya buat ngeblog.

Ketika pagi-pagi mengetahui hal tersebut admin langsung tak pikir panjang, melakukan berbagai cara untuk menghentikan semua kegalauan ini, mencari-cari cara di google, di forum-forum blogger dengan pendapat yang berbeda-beda, ada yang menanggapi sebagai hal yang biasa, ada yang menanggapinya dengan pengalaman yang sok tau, akh pokoknya admin coba semua cara yang ada satu persatu, untungnya ini hanya menyerang browser "Google Chrome" dan "Mozila Firefox" . Jadi admin tidak begitu kehilangan visitor di browser selain keduanya.

Mungkin sedikit cerita awal dari blog admin terserang hal semacam ini, ada 5 (lima) dugaan yang mendalangi semua itu admin sempat menyangka hal dibawah ini yang menjadi penyebab dugaan blog admin terserang hal tersebut.

  1. Pergantian Domain
    Selang sehari setelah admin mengganti domain pada blog admin dengan domain TLD (biar ga terkesan gratisan), ternyata hal buruk terjadi entah ini merupakan proses propagasi domain dan merupakan hal yang wajar atau memang ada hal lain entah lah ini hanya sebuah dugaan. Karena menurut para pakar yang bertebaran di forum-forum katanya ini merupakan hal yang wajar dari proses peralihan domain yang memakan waktu sekitar 3 harian agar website/blog berjalan normal.
  2. Pemasangan Iklan Pop Up
    Inilah yang merupakan dugaan yang paling kuat menurut admin. Pemasangan iklan pop up, iklan pop up merupakan alternatif admin untuk mendapatkan earnings sambil menunggu persetujuan dari "Google Adsense".  Apakah karena iklan pop up mengganggu sehingga google mendeteksi nya sebagai ancaman, namun anehnya peringatan ini tidak muncul di browser lain, mungkinkah hanya "Google Chrome" yang terlalu sensitif sebaiknya jika anda mempunyai iklan semacam ini dicopot saja.
  3. Tidak menggunakan protokol https
    Karena proses pergantian domain ke TLD mengakibatkan hilangnya ketersediaan https pada blog sehingga blog admin hanya bisa diakses melalui http, mungkin juga hal ini yang mengakibatkan kerentanan malware masuk. Jika situs sobat telah berhasil dibuka sebaiknya langsung saja gunakan https pada blog sobat yang bisa sobat beli sertifikat https  nya di penyedia domain sobat atau bisa juga sobat mengaktifkannya di blogger yang telah saya jelaskan pada artikel [Rahasia] Cara Mengaktifkan SSL (Protokol HTTPS) di Blogspot Pada Costum Domain.
  4. Pergantian Template
    Hal yang admin lakukan juga pada saat itu adalah pergantian template, karena memang admin sudah bosan dengan template yang lama akhirnya admin menggantinya dengan template yang baru entah karena template ini free sehingga disisipkan malware atau semacamnya entah lah admin pun tidak mengerti, yang jelas saat mulai mengganti template, admin mendapat peringatan semacam itu. Jadi usahakan gunakan template yang premium yang banyak bertebaran gratis di Internet meskipun tidak sekeren template premium yang berbayar.
  5. Postingan yang terjangkit malware
    Semua cara telah admin lakukan untuk menghilangkan malware tersebut akhirnya admin pergi ke webmaster untuk melihat masalah apa yang sedang terjadi dan ternyata benar saja ada postingan yang mengandung malware. Entah bagaimana postingan yang sejatinya tidak pernah admin sisipkan widget apapun kok bisa terjangkit malware admin teringat memang dipostingan tersebut terdapat banyak gambar yang entah mungkin itu memiliki hak cipta karena admin posting gambar tersebut tanpa mencantumkan sumbernya kemungkinan ada yang melaporkan admin ke pihak tertentu sehingga blog admin terkunci.
    Untuk masalah yang satu ini sobat bisa pergi ke webmaster, caranya.
    • Pergi ke halaman Webmaster -> Search Console
      Disitu akan kita temukan situs kita dengan simbol tanda seru merah yang artinya situs kita sedang dalam kondisi kurang baik.
    • Setelah itu klik "Alamat Situs" kita lalu masuk ke "Masalah Keamanan"
      Maka nanti akan terlihat URL/Halaman yang ada disitus kita yang bermasalah, hapus halaman tersebut dari situs kita.
    • Jika kita telah menghapus halaman tersebut kita bisa kembali lagi ke halaman webmaster lalu klik checkbox "Saya telah memperbaiki masalah ini" jika sudah klik tombol "Meminta Tinjauan" maka kita akan dihadapkan pertanyaan seperti berikut.
      Silahkan isi dengan tindakan yang telah anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut, sejatinya ini hanyalah sebuah saran jadi utarakan pendapat anda sesuai dengan tindakan yang telah anda lakukan, jika sudah anda bisa klik "Minta Tinjauan"
    • Tunggulah hingga tiga hari paling cepat besok maka situs anda akan kembali dengan normal.
NOTE :
Admin tidak mengetahui persis permasalahan tersebut ada dimana yang jelas kelima hal tadi,
  1. Pergantian Domain
  2. Pemasangan Iklan Pop Up
  3. Situs Tidak Menggunakan https
  4. Pergantian Template
  5. Postingan yang mengandung malware
Semua aktivitas tersebut terjadi dalam satu waktu, jadi admin tidak mengetahui persis permasalahanya ada dimana tetapi jika sobat mengalami hal yang demikian sobat tidak usah panik, lakukan cara-cara yang ada diatas jika sudah tunggu hingga beberapa hari, lalu buka situs sobat kembali. Semoga berhasil. Salam Satu Inspirasi.

2 Responses to "Penyebab Blog Mendapat Peringatan Terjangkit Malware dan Cara Mengatasinya"

  1. Biasanya karena iklan popup yang bikin blog dimasukkan kategori Virus/Malware sama google.

    Thank sangat bermanfaat info ini

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dan sesuai dengan pokok pembahasan. Thanks by Admin Ganteng 😎

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel