[Tips&Trick] Kiat-Kiat dalam Menentukan Keputusan

Depresi Jurnalis - Keputusan merupakan suatu hal yang cukup berat untuk dilakukan terutama jika keputusan tersebut menyangkut kepentingan banyak orang ataupun masa depan, pastinya tidak akan sembarangan dalam mengambil keputusan dan tentunya banyak pertimbangan yang harus dicermati agar keputusan tersebut tidak berakibat fatal di masa yang akan datang.

Mengambil keputusan akan menjadi sesuatu yang terasa berat terutama jika anda seorang pemimpin suatu organisasi ataupun instansi maka pengambilan keputusan yang tidak tepat akan berdampak besar pada keberlangsungan organisasi ataupun instansi anda.

Banyak orang yang dilema dalam mengambil keputusan, banyak keraguan yang ada pada diri kita namun yang namanya keputusan, baik atau buruk tetap harus kita ambil. apalagi jika keputusan tersebut hanya ada dua pilihan yang mungkin hampir presentasenya 50:50, tetapi kembali lagi ke masalah awal mau tidak mau suka tidak suka kita harus mengambil keputusan tersebut meskipun nantinya keputusan yang akan kita ambil kurang tepat.

Berikut admin akan membagikan beberapa tips berdasarkan pengalaman admin sendiri dalam mengambil keputusan jadi jika suatu saat keputusan yang dihasilkan berbeda dengan ekspektasi atau bahkan diluar ekspektasi admin mohon maaf karena ini adalah pengalaman pribadi admin dan juga  beberapa faktor pendukung lainnya sehingga tidak bisa disamakan.

  1. Minta Pendapat Orang-Orang Terdekat
    Jika keputusan ini menyangkut diri anda sendiri, artinya tidak ada kaitannya dengan orang lain ada baiknya anda meminta pendapat ataupun saran kepada orang-orang terdekat anda seperti orang tua anda, saudara anda ataupun sahabat terdekat anda.
    Dalam kasus ini, anda sebaiknya memberi pertanyaan pilihan tentang apa yang harus anda ambil jika semua saran telah terkumpul bisa anda ambil saran/pendapat terbanyak.
    Dalam kasus ini biasanya hanya keputusan-keputusan yang ringan saja, contohnya : Menentukan lanjut sekolah mana, mau lanjut universitas mana, mau pilih baju apa, mau menentukan beli apa dan lain sebagainya, dalam hal ini adalah semua keputusan yang ringan dan tidak berdampak besar jikalau salah mengambil keputusan seperti contoh diatas.
  2. Melakukan Survey
    Survey menjadikan pengambilan keputusan secara obyektif artinya keputusan dengan kenyataan yang ada harus sesuai. Seperti contohnya :
    (A) Jika anda telah memilih universitas dan bingung jurusan apa yang akan anda ambil sedangkan anda mikirkan masa depan juga sebaiknya anda melakukan survey lapangan tanya kepada orang-orang yang sudah senior yang memang sudah terbukti dengan jurusan yang dia ambil dia menjadi sukses, tapi ingat sesuaikan juga dengan passion anda alih-alih anda memilih suatu jurusan karena prospeknya bagus tetapi anda tidak suka sama juga dengan memaksa diri anda sendiri sebaiknya surveypun dilakukan dengan minat anda dibidang mana.
    (B) Jika anda penggemar gadget tetapi budget anda minim anda bisa melakukan survey kepakar-pakar teknologi, ke forum-forum teknologi atau sebagainya yang memang membahas tentang gadget, perhitungkan sebaik mungkin tujuan anda membeli gedget tersebut anda lebih mengutamakan fitur apa dari gadget tersebut karena yang ada dipasaran banyak gadget mahal tetapi fiturnya sendiri tidak begitu anda butuhkan, lakukan survey lapangan minimalkan budget yang ada dengan fitur gadget yang anda butuhkan jangan sampai anda menyesal dengan membeli gadget yang harganya mahal padahal tidak begitu banyak fitur yang anda butuhkan sedangkan diluar sana banyak gadget dengan berbagai fitur yang anda butuhkan tetapi dengan harga yang relatif terjangkau pada kasus ini sebaiknya anda juga pikirkan seberapa pentingkah kebutuhan anda akan fiturnya (bisa dicontohkan kekasus lain yang sama).
  3. Tentukan Sesuai Keinginan Hati
    Tidak bisa dipungkiri bahwa pendapat orang lain bisa sangat bervariatif dan bahkan pendapat mereka tidak ada yang cocok dengan anda sama sekali, jika anda mengalami kasus seperti ini, sebaiknya anda memegang prinsip dan pikirkanlah baik-baik keputusan anda, pertimbangkan segala sesuatunya secara matang, banyak faktor yang akan mempengaruhi keputusan anda dimasa yang akan datang jika ini merupakan keputusan jangka panjang sebaiknya anda menentukan keputusan tersebut sesuai dengan hati anda, karena yang pernah admin rasakan sendiri, admin pernah menyesal salah mengambil keputusan dengan mengikuti apa kata orang lain daripada menggunakan prinsip yang memang telah admin miliki.
  4. Jangan Terprovokasi Oleh Orang Lain
    Dalam pengambilan sebuah keputusan pasti saja akan ada banyak oknum-oknum yang akan menjelekkan keputusan kita, meragukan langkah yang kita ambil padahal kita juga tidak sembarangan dalam mengambil keputusan alih-alih mengambil keputusan tentu sudah kita pertimbangkan dan pikirkan secara matang-matang, namun didunia ini orang-orang seperti itu pasti banyak, pro dan kontra itu sudah menjadi hal yang lumrah dalam pengambilan keputusan apalagi ini menyangkut banyak orang dan berlaku jangka panjang seperti pengambilan kebijakan suatu organisasi ataupun instansi.
  5. Pertimbangkan Segala Faktor yang Ada
    Terkadang semua keputusan yang kita ambil tidak akan selalu berjalan dengan lancar, keputusan sehebat apapun tidak menjamin keberlangsungan keputusan yang kita ambil, cobalah analisis segala faktor yang ada, segala sesuatu yang menjadi pengambilan keputusan menjadi terhambat.
    Pada dasarnya semua keputusan yang diambil itu pasti keputusan yang terbaik dan berharap akan berdampak baik juga pada masa depan, hanya saja dalam prakteknya banyak faktor dari pihak ketiga ataupun orang-orang terkait yang tidak sejalan dengan keputusan yang kita ambil sehingga keputusan yang kita ambil menjadi terhambat. Untuk itu banyak faktor juga yang harus kita perhatikan agar keputusan kita berjalan sesuai dengan rencana yang telah kita buat.

KESIMPULAN:
Segala keputusan yang kita ambil pastinya dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan hati-hati jadi tidak mungkin ada keputusan yang buruk hanya saja didunia ini abanyak faktor lain yang mempengaruhi keputusan kita tersebut jadi bijak-bijaklah dalam pengambilan keputusan obyektiflah dalam menentukan keputusan, jikalau kedepan keputusan yang kita ambil kurang tepat atau bahkan bisa tidak tepat, optimislah, anggap segala sesuatunya pembelajaran dan pengalaman agar kita bisa lebih bijak lagi dalam mengambil keputusan, seperti yang admin bilang tadi keputusan sehebat apapun tidak menjamin akan berjalan sesuai rencana.

Sekian tips yang dapat admin bagikan, jika artikel ini bermanfaat silahkan share.
Terima kasih. Salam Satu Inspirasi.

2 Responses to "[Tips&Trick] Kiat-Kiat dalam Menentukan Keputusan"

  1. Keputusan yang paling berat adalah keputusan tentang cinta gan 😀😀😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tentang yang satu ini, ane ga mau bahas gan... Berat jawabnya takut keinget yang dulu hehe :D

      Hapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dan sesuai dengan pokok pembahasan. Thanks by Admin Ganteng 😎

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel