Bagaimana Mengatur Waktu agar Tidak Terlambat saat Bepergian

Depresi Jurnalis - Terlambat ? hampir setiap orang pernah mengalami hal yang demikian bukan?, terutama mungkin bagi anda yang masih sekolah atau bahkan yang sudah bekerja, disini sebenarnya admin akan membagikan sedikit cerita keterlambatan admin saat pergi ke tempat kerja hingga akhirnya admin menemukan sebuah formula yang tepat untuk mengatasi keterlambatan admin untuk mencapai suatu tempat yang memang rutin di lakukan setiap hari seperti ke sekolah, ke tempat kerja, atau pun ke suatu tempat yang memang sudah di jadwalkan.

Sedikit admin bercerita tentang keterlambatan admin dalam mencapai tempat kerja, awal mulanya admin biasa menjadwalkan berangkat satu jam sebelum jam kerja, jadi misalkan jam masuk kerja admin jam 8.00 maka admin mulai keluar dari rumah jam 07.00 dengan estimasi (perkiraan sampai sekitar 30 menit). Karena memang biasanya admin hanya menempuh waktu sekitar 30 menit untuk mencapai tempat kerja jadi admin tidak pernah ter pikirkan akan terlambat, karena 30 menit perjalanan yang admin lakukan sudah termasuk melewati kemacetan di jalan. Namun tidak disangka-sangka pada suatu hari saat admin berangkat seperti jam biasa tiba-tiba hujan turun, kemacetan hampir disetiap titik hingga akhirnya admin terlambat dari waktu yang harusnya admin tempuh selama 30 menit harus admin tempuh selama 90 menit, diluar dugaan bukan?, untuk itulah perlu adanya sebuah tindakan antisipatif agar anda tidak terlambat menempuh tempat tujuan anda, bukan hanya untuk mencapai ke tempat kerja juga bisa diterapkan ke tempat tujuan lain.

Berikut akan admin bagikan tips agar tidak terlambat (lebih tepatnya meminimalisir) saat hendak menuju ke suatu tempat berdasarkan pengalaman admin.

  1. Sesuaikan Waktu dengan Kondisi Cuaca

    Loh kok bisa cuaca menjadi pengahambat? memang tidak bisa menjadi acuan tetap keterlambatan kita dalam perjalanan karena pengaruh cuaca, namun ini merupakan kondisi yang admin alami, bahwa setiap cuaca sedang hujan pasti saja terjadi kemacetan, memang berbeda daerah berbeda juga tingkat kemacetan nya namun jika anda yang memang tinggal di daerah yang padat penduduk nya atau memang lalu lintas nya yang cukup padat antisipasi saja hal ini agar anda tidak terlambat. Bagaimana mengantisipasi nya? jika anda yang hendak bekerja/ berangkat ke suatu tempat yang rutin anda kunjungi, maka ada baiknya anda melonggarkan waktu keberangkatan jika biasanya anda berangkat satu jam sebelum bepergian dengan estimasi (perkiraan waktu) sampai anda sekitar 30 menit, maka anda harus menyiapkan setidaknya tambahan 1x dari estimasi waktu yang anda tempuh biasanya.
    Contoh :
    (+)
    Jam masuk kerja anda/ sekolah anda/ tempat tujuan rutin anda adalah pukul 08:00
    (+) Anda berangkat 1 jam sebelum aktifitas dimulai singkatnya anda berangkat jam 07:00
    (+) Estimasi perjalanan anda adalah 30 menit
    Maka...
    Jika kita mengikuti contoh kasus diatas maka kita harus berangkat jam 06:30 dengan manambahkan waktu 1x dari estimasi perjalanan anda pada biasanya. Begitupun jika estimasi perjalanan anda 1 jam maka setidaknya siapkan 1x dari estimasi waktu tempuh anda daripada biasanya.

    NOTE : Penatapan waktu diatas dengan menambahkan 1x dari estimasi perjalanan anda memang tidak bisa dijadikan acuan pokok anda dalam menentukan waktu sekali lagi kembali lagi kepada yang mempunyai kepentingan diatas hanyalah sebuah tips berdasarkan pengalaman admin sendiri untuk mengantisipasi keterlambatan dalam perjalanan yang rutin admin lalui jika kondisi cuacanya memang sedang tidak bagus, jadi jika penambahan 1x pada estimasi perjalanan anda terlalu berat anda bisa menyesuaikan nya dengan kebutuhan anda.
  2. Jenis Tranportasi yang digunakan

    Apa yang menjadi transportasi anda dalam menempuh perjalanan anda dalam mencapai tempat tujuan.
    Motor pribadi, Mobil pribadi, Angkot, Bus, Kereta, atau yang lainnya.
    Jenis transportasi yang anda gunakan pun akan mempengaruhi waktu tempuh anda untuk mencapai tempat tujuan. Jadi atur lah waktu se efektif mungkin menyesuaikan transportasi yang anda gunakan untuk mencapai tempat tujuan anda.
  3. Perhatikan Medan yang Anda Lalui

    Perhatikan juga medan-medan yang anda lalui karena setiap medan yang anda lalui akan memberikan dampak dalam perjalanan anda, contohnya perbaikan jalan, pengalihan arus, terowongan, perbukitan, demo, dll yang mungkin ada dijalan yang anda lewati jadi atur lah waktu anda sebaik mungkin beri kelonggaran waktu yang cukup untuk melewati beberapa hal yang menghambat waktu diatas.
  4. Persiapkan Segala Sesuatunya Sebelum Memulai Perjalanan

    Persiapan menjadi hal yang paling mendasar sebelum anda memulai perjalanan bukan hanya perjalanan yang jauh, perjalanan yang dekat atau rutin anda lakukan pun butuh sebuah persiapan. Tentu anda tidak mau bukan jika dalam perjalanan yang yang mungkin sudah setengah dari perjalanan anda tiba-tiba anda teringat dompet atau barang berharga yang tidak anda bawa sehingga anda harus balik lagi dan menyebabkan waktu yang terbuang dengan percuma sampai menyebabkan keterlambatan. Tentu ini akan menjadi sebuah tindakan pemborosan waktu dan tenaga anda yang seharusnya anda bisa gunakan untuk hal lain.
  5. Jangan Lupa Berdoa (Don't Forget to Pray)

    Ini juga yang tidak kalah penting berdoa. Terdengar ringan namun tidak banyak yang melakukan apalagi itu merupakan perjalanan yang dekat, dengan berdoa tentu kita berharap sesuatu yang baik akan terjadi dalam perjalanan kita dan semoga juga senantiasa kita akan selalu dalam Lindungan-Nya jika kita selalu menyempatkan diri untuk berdoa sebelum memulai perjalanan. Jadi jangan lupakan tips terakhir ini.
Sekian tips yang dapat admin bagikan kali ini jika nanti ada pertanyaan atau tambahan yang pernah sobat alami untuk menghindari keterlambatan silahkan share pendapatnya di kolom komentar.
Terima kasih. Salam Satu Inspirasi.

0 Response to "Bagaimana Mengatur Waktu agar Tidak Terlambat saat Bepergian"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dan sesuai dengan pokok pembahasan. Thanks by Admin Ganteng 😎

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel