Bingung Membuat Artikel? Ikuti Tips Ini!

Depresi Jurnalis - Tidak bisa dipungkiri hampir setiap orang bisa saja kehabisan ide untuk membuat artikel, begitu juga admin sendiri meski pada kenyataannya bahan untuk pembuatan artikel sangat banyak sekali, namun seperti yang sudah admin katakan pada artikel-artikel sebelumnya, beberapa blogger terlalu menuntut artikelnya untuk sempurna karena itu adalah hal yang baik agar konten yang kita buat terkesan berkualitas dan tidak asal-asalan tetapi sisi buruknya itu akan memakan waktu dalam pembuatan bahkan gagal di lanjutkan karena sudah bosan duluan sebelum artikel itu benar-benar di rilis untuk publik, berbeda jika itu adalah perusahaan media cetak atau memang yang memiliki tujuan komersial maka tentu mereka sudah menyiapkan hal apa saja dan kapan waktu rilis artikel tersebut, namun bagi anda yang memang mengelola secara pribadi admin rasa artikel yang terlalu sempurna hanya akan memakan waktu dalam pembuatan sehingga yang terjadi anda akan malas untuk melanjutkan pembuatan artikel tersebut.

Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi kenapa anda bingung membuat artikel seperti tadi yang telah disinggung diantaranya menuntut suatu artikel yang sempurna, namun banyak sekali faktor lain mengapa anda bingung membuat artikel atau bahasa keren nya kehabisan ide, diantaranya:

  1. Faktor Mood (Suasana Hati)
    Mood (Suasana Hati) yang berubah-ubah dapat mempengaruhi kualitas artikel, serta frekuensi pembuatan artikel yang tidak tetap.
  2. Sibuk di Dunia Nyata
    Entah sibuk karena sekolah, kuliah, ataupun pekerjaan semua itu dapat mempengaruhi waktu anda dalam pembuatan artikel, artikel yang di konsep-konsep terus lama-lama tidak akan ada kerjaan. Tidak perlu memaksakan waktu khusus untuk pembuatan artikel, waktu dua jam setidaknya sudah cukup untuk membuat artikel dengan konten atau isi artikel yang lumayan.
  3. Pemahaman Tentang Artikel yang Kurang
    Pemahaman artikel yang kurang menjadikan artikel yang kita buat akan semakin lama terlebih jika artikel tersebut sangat jauh dari pemahaman dasar kita maka dibutuhkan banyak referensi untuk mendukung relevansi artikel yang kita buat tersebut sehingga mengakibatkan banyak waktu yang terbuang dalam pembuatan satu artikel saja.
Jika kita sudah memahami faktor apa saja yang mempengaruhi kita dalam pembuatan artikel sekarang mari kita ikuti tips yang dalam pembuatan artikel yang baik.
  1. Buat Artikel Disaat Waktu Luang Anda
    Membuat Artikel disaat santai kita akan lebih luluasa untuk mengekspresikan dan menuangkan ide-ide kita kedalam sebuah tulisan sehingga kita bisa lebih mendalami tentang konsep serta isi artikel yang kita buat dengan begitu kualitas konten pada artikel kita akan meningkat.
  2. Buat Artikel Sesuai Pemahaman dan Pengalaman Kita
    Artikel yang dibuat berdasarkan pemahaman serta pengalaman kita maka kita akan lebih mudah dalam penyusunannya sehingga kita akan lebih menikmati artikel yang kita buat dan dapat selalu mengembangkannya dengan lebih mudah dan cepat, tinggal tambahkan saja referensi penguat agar artikel yang kita buat dapat terlihat kredibel serta relevan.
  3. Jangan Terlalu Lama Menunda Pembuatan Artikel
    Pembuatan artikel yang sering ditunda-tunda hanya akan membuat kita semakin malas terlebih kita orang yang sangat sibuk di dunia nyata, sebaiknya luangkan waktu beberapa jam dengan konsep yang telah anda siapkan selama kesibukkan anda sehingga ketika anda mulai mengetik artikel anda tidak akan kebingungan harus memulainya dari mana.
  4. Buat Konsep Dalam Sebuah Buku
    Buat konsep artikel anda dalam sebuah buku, apa saja poin-poin penting yang harus anda tulis dalam artikel anda, jangan sampai artikel anda melebar dari topik pembahasan anda. Buat kerangka dasarnya dari sebuah Topik Pembahasan lalu anda pecah menjadi  "Pembukaan Artikel", "Kasus-Kasus Artikel", "Inti Artikel", "Sub Inti Artikel" sampai "Penutup Artikel" sesuaikan dengan kebutuhan anda karena ini hanyalah sebuah konsep karena pada prakteknya tentu akan berbeda.
  5. Manfaatkan Kritik dan Saran
    Kritik dan Saran akan sangat anda butuhkan dalam sebuah penyusunan atau pembuatan artikel karena kritik dapat membangun serta membenahi kesalahan-kesalahan yang ada pada artikel yang anda buat sehingga anda dapat memperbaiki kualitas artikel anda dengan lebih baik lagi.
  6. Perbanyak Membaca dan Mencari Referensi
    Tentu jika kita ingin membuat artikel maka kita harus tahu dulu fakta serta opini yang beredar di masyarakat dengan cara membandingkan artikel kita yang kita buat jangan sampai anda membuat artikel tanpa sebuah dasar alias artikel tersebut asal-asalan.
  7. Belajar dan Terus Belajar
    Belajar tidak hanya di sekolah banyak hal yang harus kita pelajari dalam dunia ini, termasuk dalam pembuatan dan penyusunan artikel, belajar adalah kunci untuk meningkatkan kualitas artikel kita, belajar dari kesalahan yang kita perbuat dalam pembuatan artikel, belajar memahami topik dari artikel yang kita bahas dan masih banyak lagi intinya dengan belajar kita dapat mengetahui kemungkinan-kemungkinan kesalahan atau hal apa yang mesti kita perbaiki atau kita tingkatkan pada sebuah artikel.
Itu saja yang dapat admin bagikan kali semoga bisa menjadi referensi bagi sobat sekalian yang kebingungan dalam membuat artikel dan dapat menemukan ide-ide menarik untuk menyusun artikel karena admin sendiri masih belum sempurna dan masih banyak yang harus admin pelajari jadi jangan sungkan berkomentar serta memberikan kritik yang membangun untuk meningkatkan kualitas konten / artikel yang admin buat. Terima kasih. Salam Satu Inspirasi.

0 Response to "Bingung Membuat Artikel? Ikuti Tips Ini!"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dan sesuai dengan pokok pembahasan. Thanks by Admin Ganteng ­čśÄ

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel