Penjelasan Domain Internet

Depresi Jurnalis - Bagi sebagian kita yang terbiasa menggunakan Internet khususnya yang mengelola website atau setidaknya mempunyai  website pasti tidak asing bukan dengan yang namanya Domain tetapi disamping itu banyak juga orang yang tidak begitu memahami domain sendiri meskipun mereka mempunyai sebuah website atau setidaknya blog, terutama bagi seorang blogger yang mungkin hanya bisa menggunakan fasilitas blog post saja atau membuat artikel saja.

Pengertian Domain
Secara umum domain yang biasa kita temui di Internet adalah pengalamatan sebuah website, contohnya : "facebook.com", "twitter.com", "youtube.com" itu semua merupakan domain atau alamat pada sebuah website. Jadi agar mudah dipahami Domain adalah Alamat Sebuah Website.
Pada dasarnya sebuah alamat website yang adalah di Internet adalah sekumpulan deret nomor IP Address yang memiliki panjang 32 bit atau 4 oktet dan semua itu isinya angka.
Contoh : www.facebook.com (sama dengan) 157.240.7.35 .
==>> 157.240.7.35  merupakan IP Address www.facebook.com , jadi jika anda ketikan IP Address tersebut maka anda akan otomatis diarahkan ke halaman facebook.
Kenapa Domain diciptakan? Tentu tujuannya adalah untuk mempermudah manusia dalam mengingat sebuah alamat situs di Internet, karena manusia akan lebih mudah mengingat sebuah tulisan dari pada sebuah deret angka. Tanpa adanya sebuah domain mungkin manusia akan kesulitan untuk mengunjungi website-website tertentu karena harus selalu menghafal IP Address website yang akan di kunjunginya.

Istilah-Istilah pada Domain
Dalam domain sendiri memiliki beberapa istilah di antaranya :
  1. Subdomain
    Sub Domain adalah domain yang menempel pada domain utama, istilahnya sub domain adalah bagian dari domain utama, yang biasanya digunakan untuk membedakan sebuah fungsi atau kegunaan dari website tersebut untuk lebih jelasnya akan admin berikan contoh :
    Jika anda mempunyai website download dengan nama domain utama freedownload.com dan anda mempunyai 3 buah jenis file yang berbeda seperti file "Video", "Musik", "Gambar". Maka agar terlihat rapi anda menyusun sebuah website dengan domain sesuai jenis file yang di download seperti :
    ==>> file video "video.freedownload.com"
    ==>> file musik "musik.freedownload.com"
    ==>> file gambar "gambar.freedownload.com"
    Huruf yang berwarna merah disebut subdomain dan dibelakangnya merupakan domain utama.
    Pengertian Lainnya Subdomain merupakan domain tambahan yang diletakkan setelah atau tidak menghilangkan domain utamanya.

  2. Add On Domain
    Add On domain merupakan domain yang independen artinya berdiri sendiri tidak terikat domain utamanya dalam artian lain membuat domain sendiri.
    Dalam satu hosting umumnya satu Hosting untuk satu Domain namun terkadang kita butuh sebuah website tambahan dengan dengan fungsi yang berbeda dari website sebelumnya maka add on domain merupakan jawabannya, dengan add on domain kita bisa menambahkan domain tambahan pada satu hosting artinya kita bisa membuat banyak website dengan domain yang berbeda pada satu hosting. Contoh :
    Anda mempunyai dua website dengan niche yang berbeda satu tentang kuliner, satu tentang kesehatan maka tidak mungkin bukan anda campur menjadi satu untuk itulah anda harus membuat dua website yang independen (berdiri sendiri) namun untuk menghemat biaya anda bisa menggunakan satu hosting untuk dua domain atau beberapa domain, itulah yang disebut add on domain.
    Manfaatnya tentu bisa menghemat biaya dengan membuat website independen dalam satu hosting namun efek buruknya anda akan berbagi resource atau sumber daya dengan website lainnya.

  3. Parking Domain
    Seperti namanya parking domain atau dalam bahasa indonesia disebut parkir merupakan domain yang hanya numpang parkir saja artinya anda bisa mempunyai beberapa domain dalam satu website dengan tidak merubah isi ataupun konten yang ada dalam website tersebut contoh sederhananya adalah anda mempunyai banyak nama lain/alias untuk satu website contoh :
    Domain Utama Anda ==>> gadogado.com
    Anda parking domain di domain utama anda dengan nama "ketoprak.com", "lontongsayur.com", "kuahlodeh.com".
    Maka anda bisa mengakses website utama (gadogado.com) dari alamat situs "ketoprak.com", "lontongsayur.com", "kuahlodeh.com" tanpa merubah isi dan konten yang ada dalam website gadogado tersebut, intinya parking domain hanya nama lain/ alias dari website utama saja.
    gadogado.com = ketoprak.com = lontongsayur.com = kuahlodeh.com

  4. Redirect Domain
    Redirect atau dalam bahasa Inggris yang artinya pengalihan, jadi redirect domain merupakan sebuah pengalihan domain atau alamat situs ke ke url yang telah ditentukan contohnya :
    Domain Utama Anda maringopi.com dan anda mempunyai domain aktif lain dengan nama ayungopi.com maka jika anda menggunakan redirect domain pada domain utama anda jika anda membuka maringopi.com maka anda akan selalu di alihkan ke alamat domain baru anda ke ayungopi.com dengan tidak merubah isi/ konten website jadi jika anda membuka sebuah situs dengan alamat maringopi.com maka anda akan selalu di alihkan ke alamat domain ayungopi.com. Sederhannya dengan redirect domain hanya akan mengalihkan alamat situs utama saja namun tidak merubah konten/isi dari website tersebut, redirect domain sendiri paling banyak digunakan seorang blogger untuk mengubah domain utamanya yang memiliki url .blogspot.com agar terlihat lebih menarik maka di redirect atau dialihkan ke domain yang telah di belinya seperti .com/.net dan sebagainya.
Jenis Domain
Domain sendiri mempunyai dua jenis yaitu TLD (Top Level Domain) dan ccTLD (Country Code Top Level Domain).

  1. TLD (Top Level Domain)
    Merupakan domain yang biasa kita jumpai dan banyak di pakai oleh website-website terkemuka seperti .com .net .gov .edu .tv .biz dan lain sebagainya yang digunakan secara universal (umum) di negara manapun.

  2. ccTLD (Country Code Top Level Domain)
    Merupakan bagian dari TLD hanya saja kegunaannya sendiri lebih di peruntukan untuk wilayah/negara asal website itu sendiri seperti :
    .id (Domain Khusus Wilayah Indonesia)
    .sg (Domain Khusus Wilayah Singapura)
    .us (Domain Khusus Wilayah Amerika)
    .jpn (Domain Khusus Wilayah Jepang)
    .cad (Domain Khusus Wilayah Kanada)
    .ru (Domain Khusus Wilayah Russia)
    dan lain sebagainya, jadi intinya sendiri penggunaan domain ccTLD adalah domain yang khusus untuk mengidentifikasi website dari sebuah negara bagian mana.
Itu saja penjelasan artikel tentang domain yang dapat admin bagikan semoga artikel ini bisa menambahkan pengetahuan anda, jika ada tambahan silahkan berkomentar.
Terima kasih, Salam Satu Inspirasi.

0 Response to "Penjelasan Domain Internet"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dan sesuai dengan pokok pembahasan. Thanks by Admin Ganteng ­čśÄ

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel